""Evaluasilah hasil belajar Anda maka Anda akan tahu sampai dimanakah penguasaan materi yang Anda pelajari""

Minggu, 29 Mei 2011

Latihan Soal Ulangan Kenaikan Kelas X

I.                   Pilihlah salah satu huruf a, b, c, d, atau e  jawaban yang benar!

  1. Bacalah teks berikut dengan saksama!Pemadaman listrik secara bergilir yang dilakukan PLN membawa dampak bagi para pengusaha. Dampak tersebut mulai dari penurunan omzet hingga kerugian yang harus ditanggung karena berhentinya produksi. Apalagi, pemadaman yang dilakukan sering tidak disosialisasikan terlebih dahulu. Pemilik Google.net dan paparon’z Pizza, Setya Budi, mengatakan, akibat pemadaman listrik, omzet di warnet miliknya berkurang 20%.
Gagasan utama paragraf tersebut yang tepat adalah ...
    1. Dampak pemadaman listrik.
    2. Keluhan pemilik Google.net dan Paparonz’z
    3. Kerugian warnet karena pemadaman
    4. Perlunya sosialisasi sebelum pemadaman.
    5. Pemadaman listrik dan pengaruhnya terhadap bisnis.

  1. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks di atas adalah...
    1. Pemadaman listrik perlu disosialisasikan.
    2. Google.net dan Paparon’z merasa dirugikan.
    3. Pengusaha mengalami penurunan omzet.
    4. Pemadaman listrik tidak diinginkan pengusaha.
    5. Banyak warnet dan Paparonz’z mengalami penurunan omzet 20%.

  1. Bacalah teks berikut dengan saksama!
Seperti diketahui, kacang-kacangan, termasuk kacang tanah, kaya akan nutrisi nabati yang diperlukan tubuh. Nutrisi tersebut antara lain protein, lemak, serat, zat besi, dan vitamin E. Semua nutrisi ini akan mengoptimalkan kerja sitem tubuh.
Hasil penelitian Gary Faser, Ph.D., di Loma Linda University, Amerika Serikat, membuktikan, dengan mengonsumsi kacang seminggu sekali, seseorang memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung 25 persen lebih rendah dibanding dengan mereka yang tidak mengonsumsi kacang. Terbukti pula, mereka yang mengonsumi kacang sedikitnya lima kali dalam seminggu memiliki kemungkinan setengah kali lebih rendah terkena hipertensi.
Gagasan utama paragraf pertama adalah …
    1. Kacang-kacangan kaya akan nutrisi.
    2. Semua nutrisi dalam kacang-kacangan akan mengoptimalkan kerja sitem tubuh.
    3. Kekayaan nutrisi kacang.
    4. Macam-macam nutrisi yang terkandung dalam kacang-kacangan.
    5. Nutrisi yang dapat mengoptimalkan kerja sitem tubuh.

  1. Bagaimana perbandingan antara orang yang mengonsumsi kacang seminggu sekali dengan yang tidak mengonsumsi kacang?
    1. Orang yang mengonsumsi kacang seminggu sekali kemungkinan kecil terkena penyakit jantung sebanyak 25 persen.
    2. Orang yang mengonsumsi kacang seminggu sekali memiliki kemungkinan
setengah kali lebih rendah terkena hipertensi.
    1. Orang yang mengonsumsi kacang seminggu sekali dapat dipastikan terkena penyakit jantung lebih rendah dibanding mereka yang tidak mengonsumsi kacang.
    2. Kemungkinan terkena penyakit jantung bagi orang yang mengonsumsi kacang seminggu sekali adalah 25 persen lebih rendah dibanding mereka yang tidak mengonsumsi kacang.
    3. Kemungkinan akan terkena penyakit jantung bagi orang yang mengonsumsi kacang seminggu sekali adalah sebanyak 25 persen lebih rendah dibanding mereka yang tidak mengonsumsi kacang.


  1. Bacalah teks berikut dengan saksama!
(1) Banyak orang menggantungkan hidupnya dari laut. (2) Sebut saja nelayan. (3) Tanpa harus bersusah payah memelihara dan membesarkannya, nelayan menangkap jutaan ton ikan setiap hari. (4) Tidak mengherankan bila banyak investor berminat di sini. (5) Di antara mereka ada yang berjaya, tetapi tidak sedikit yang merana.
Gagasan utama paragraf tersebut terletak pada kalimat ...
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
    5. 5

  1. Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi teks di atas adalah...
    1. Banyak orang menggantungkan hidupnya dari laut.
    2. Jutaan ton ikan ditangkap nelayan setiap hari.
    3. Kebanyakan investor berminat di bidang kelautan.
    4. Ada investor yang berhasil, ada pula yang tidak.
    5. Nelayan menggantungkan hidupnya dari laut.

  1. Rangkuman yang sesuai untuk teks di atas adalah...
    1. Banyak orang menggantungkan hidupnya dari laut seperti nelayan dan investor yang berminat di sini. Ada yang jaya, ada pula yang merana.
    2. Orang yang menggantungkan hidupnya dari laut adalah para nelayan dan investor yang berjaya. Sayang ada yang tidak.
    3. Banyak orang bergantung hidupnya di laut misalnya nelayan dan investor yang tidak mengherankan akan hasil laut.
    4. Nelayan dan investor yang menggantungkan hidupnya di laut tidak sedikit yang menuai keberhasilan.
    5. Tanpa harus bersusah payah orang-orang menggantungkan hidupnya di laut. Tentu saja ada yang berhasil dan tidak.

  1. Bacalah teks berikut dengan saksama!
... . Penyebabnya adalah konversi hutan di hulu. Selain itu juga karena adanya perubahan areal vegetasi menjadi hutan beton di hilir. Berbagai cara pun ditempuh untuk menghadapi krisis air.
kalimat utama yang tepat untuk mengisi paragraf rumpang di atas adalah...
    1. Air bersih kini sudah tidak ada lagi di berbagai daerah di Indonesia.
    2. Air bersih menjadi sumber daya yang mulai langka di beberapa daerah.
    3. Air bersih kini menjadi perbincangan banyak kalangan.
    4. Krisis air bersih yang tak kunjung usai menjadi komoditas politik.
    5. Eksploitasi air yang berlebihan dapat mengakibatkan krisis air bersih.

  1. Bacalah teks berikut dengan saksama!
(1) Di dunia bisnis sering terdengar adanya dua pandangan yang kontras. (2) Satu pihak mengatakan, pada masa krisis tundalah investasi, hatu-hatilah dalam pengeluaran. (3) Sementara pihak lain berpandangan, pada masa krisis berinvestasilah, tetapi harus dengan cara cerdas. (4) Dari kedua pandangan ini, pandangan kedualah yang ditempuh oleh maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia. (5) Dalam kondisi krisis seperti sekarang ini, Garuda menunda pembukaan rute-rute baru dan pembelian pesawat-pesawat mutakhir.
Gagasan tidak logis terdapat pada kalimat ...
    1. Pertama
    2. Kedua
    3. Ketiga
    4. Keempat
    5. Kelima

  1. Bacalah teks berikut dengan saksama!
(1) Namun, bila dibandingkan dengan kreasi Boeing yang paling baru, yakni Boeing 787 Dreamliner, ketiga pesawat pendahulunya jadi tampak ketinggalan.
(2) Sayang, pesawat ini masih belum kunjung terbang perdana dan sempat menjengkelkan sejumlah pemesannya.
(3) Mengamati dari dekat pesawat jet komersial Boeing 737-NG, 777-300ER, atau 747-400 seri paling mutakhir, yang muncul adalah rasa kagum terhadap kecanggihan teknologi yang dikandungnya.
(4) Salah satu yang diunggulkan dari 787 adalah kemampuannya memenuhi keinginan penumpang agar pesawat yang ditumpanginya terbebas dari turbulensi udara.
(5) Itu karena Boeing 787 mengandung inovasi teknologi yang beberapa langkah lebih maju dibandingkan dengan pesawat Boeing sebelumnya.
Agar menjadi paragraf eksposisi yang baik, urutan kalimat yang benar adalah ...
    1. 4 – 5 – 2 – 3 – 1
    2. 4 – 2 – 5 – 2 – 1
    3. 3 – 2 – 4 – 5 – 1
    4. 3 – 1 – 4 – 5 – 2
    5. 3 – 1 – 5 – 2 – 4

  1. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Keterbatasan lahan untuk berlatih menembak bagi anggota Polri diantisipasi oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Bekerja sama dengan PT Pindad, BPPT mengembangkan kendaraan khusus untuk lokasi berlatih menembak. Kendaraan mirip peti kemas raksasa itu memiliki panjang 12,5 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 3,5 meter. ...
Kalimat yang logis dan sesuai untuk mengisi paragraf rumpang di atas adalah...
    1. Kendaraan itu benar-benar mencengangkan semua orang karena sangat canggih.
    2. Ini menunjukkan kemampuan bangsa Indonesia dalam menguasai teknologi canggih.
    3. Mobil itu mampu menampung dua orang yang berlatih menembak dalam waktu bersamaan.
    4. Kendaraan ini ternyata dibuat oleh anak bangsa sendiri, yakni BPPT dan PT Pindad.
    5. Mobil ini bisa difungsikan sebagai sarana menembak bagi anggota Polri.

  1. Di antara tema-tema berikut ini, yang tidak dapat dikembangkan menjadi paragraf eksposisi adalah ...
    1. Sosok KRI Masa Depan
    2. Berpacu Menguasai Teknologi Satelit
    3. Deteksi Penyakit Lewat Iris Mata
    4. Pesona Pulau Dewata di Mata Dewinta
    5. Menjaga Kesegaran Buah dan Sayur dengan Ozon

  1. Beragam alat pemindai telah disediakan untuk mendiagnosis penyakit pasien. Mulai ultrasonografi, magnetic resonance imaging (MRI), computerized tomography scanning (CT-scan), dan masih banyak lagi. Namun, sebagian pemindai baru menggunakan pencitraan tiga dimensi. Kini, di tangan seorang peneliti Indonesia telah tercipta pemindai empat dimensi pertama di dunia. Alat itu dinamakan electrical capacitance volume tomography (ECVT). Peralatan ini semula ditujukan untuk industri kimia. Meskipun demikian, teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk dunia kedokteran. Pencipta ECTV adalah Warsito, Direktur Center for Tomography Research Laboratory, Tangerang.
Judul yang sesuai untuk paragraf eksposisi di atas adalah...
    1. Warsito Menemukan Pemindai Empat Dimensi
    2. Pemindai Empat Dimensi
    3. Warsito Peneliti Indonesia
    4. ECTV Dibuat oleh Warsito
    5. ECTV adalah Pemindai Empat Dimensi


  1. (1) Bagi para petambak atau peternak, memberi makan ikan dan ternak cukup menguras energi. (2) Maklum, kegiatan ini harus dilakukan secara teratur. (3) Jadilah kegiatan ini menjadi aktivitas yang menyenangkan (4) Jika lupa, hasil panen bisa turun. (5) Untunglah, Andriyanto dari PT LEN berhasil menciptakan alat canggih untuk mengurangi beban kerja para petambak dan peternak.
Kalimat ketiga mengandung gagasan yang tidak logis.
Agar menjadi logis, kalimat itu harus diubah menjadi...
    1. Tak mengherankan, kegiatan rutin ini kerap menjadi beban.
    2. Petani dan petambak suka kegiatan yang satu ini.
    3. Kegiatan ini tidak hanya merepotkan petani dan peternak, juga petambak.
    4. Jika tidak teratur, tentu hasilnya bisa menggembirakan, bisa pula tidak.
    5. Agar energi tidak terkuras, petambak dan peternak sering melakukannya bersama.

  1. Bacalah teks dengan saksama!
           
(1) Tidak hanya satelit yang dapat dipakai untuk memastikan tempat berkumpulnya ikan. (2) Ada juga teknologi hidroakustik, upaya memperoleh informasi tentang objek di bawah laut dengan memancarkan gelombang suara. (3) Gema yang dipantulkan gelombang suara yang dipancarkan ke dasar laut membawa informasi kelimpahan ikan yang dikandung suatu perairan. (4) Pendeteksian ikan menggunakan sistem hidroakustik ini disebut echo sounder atau fish finder. (5) Kelebihan metode ini adalah akurasinya yang tinggi tentang stok ikan pada suatu wilayah.

Ringkasan teks tersebut adalah …
    1. Teknologi hidroakustik lebih akurat dalam menentukan lokasi ikan.
    2. Satelit dan teknologi akustik dapat dipakai untuk memastikan jumlah ikan yang berkumpul di suatu tempat.
    3. Untuk memastikan lokasi berkumpulnya ikan menggunakan teknologi hidroakustik yang lebih akurat.
    4. Jumlah ikan pada suatu tempat bisa dipastikan dengan satelit dan teknologi hidroakustik.
    5. Untuk memastikan tempat berkumpulnya ikan selain menggunakan satelit, bisa pula dengan teknologi hidroakustik.


  1. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
(1) Gumpalan kabut tebal menyelimuti kawasan kebun teh Kaligua. (2) suasana di perkebunan yang menjadi kawasan wisata agro di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes itu tampak penuh kemuraman. (3) Walaupun jam sudah menunjukkan pukul 08.00, hari belum terang benar. (4) Seperti biasanya angin begitu sejuk pagi itu. (5) Matahari seperti masih malu-malu unjuk diri.
Kalimat yang tidak koheren (tidak berhubungan) dalam paragraf tersebut adalah nomor …
    1. (1)
    2. (2)
    3. (3)
    4. (4)
    5. (5)

  1. (1) Pada tahun 1960-an, Indonesia tercatat sebagai negara kedua di Asia-Afrika yang berhasil meluncurkan roket sendiri setelah Jepang. (2) Atas bantuan Uni Soviet, negara yang pada saat itu dikenal unggul di bidang roket, Indonesia meluncurkan Roket Kartika I pada 14 Agustus 1964. (3) Masih pada dekade yang sama, reaktor nuklir juga dirintis. (4) Ketika itu, eksperimen teknologi Indonesia melampaui India dan Pakistan, yang kini dikenal agresif mengembangkan nuklir dan roket peluncur rudal. (5) ... .
Kalimat pertanyaan yang tidak sesuai dengan teks di atas adalah ...
    1. Kapan Indonesia berhasil meluncurkan roket sendiri?
    2. Siapa yang membantu Indonesia meluncurkan roket?
    3. Apa nama roket yang diluncurkan?
    4. Bagaimana eksperimen teknologi Indonesia saat itu?
    5. Selain roket, apa yang dirintis Indonesia pada 1960-an?

  1. Kalimat penjelas yang sesuai untuk mengisi bagian rumpang pada teks tersebut adalah...
    1. Sesama negara berkembang seharusnya India dan Pakistan tidak mendahului kemampuan Indonesia.
    2. Kini penguasaan teknologi roket dan nuklir India patut diacungi jempol.
    3. Yang menakjubkan, penguasaan teknologi India dan Pakistan kini sebanding dengan negara-negara maju.
    4. Sayang, 40 tahun kemudian penguasaan teknologi roket Indonesia malah tersendat-sendat.
    5. Empat puluh tahun kemudian, penguasaan roket dan nuklir Indonesia tak kalah dengan India maupun Pakistan.

  1. Rumah betang gangu yang terletak di Kecamatan Antang Kalang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, adalah rumah panjang terbaik di Kalimantan. Rumah khas Dayak ini menjadi salah satu pusat peradaban asli Kalimantan. Namun, kondisinya kini berubah. Rumah itu kini seakan-akan sudah kehilangan ”roh”. Kondisi bangunan tampak memprihatinkan dan mulai ditinggal penghuninya.
Informasi yang terdapat dalam paragraf di atas adalah ....
    1. Rumah betang gangu yang semula menjadi pusat peradaban asli Kalimantan kini kondisinya memprihatinkan.
    2. Rumah betang gangu kini sudah tidak memiliki roh karena kondisi bangunannya sudah memprihatinkan.
    3. Rumah betang gangu merupakan satu-satunya rumah Dayak terbaik di Kalimantan yang kini ditinggalkan penghuninya.
    4. Rumah khas Dayak betang gangu ditinggal penghuninya karena kondisinya memprihatinkan.
    5. Tidak ada seorang pun suku Dayak yang mau mempertahankan rumah adatnya.

  1. Teknologi rancang bangun kapal perang Indonesia kini bertambah maju. Setelah mampu membuat fast patrol boat 57 meter sebanyak 12 unit, PT PAL Indonesia siap meluncurkan kapal landing platform dock (LPD). Meskipun merupakan bagian dari alih teknologi LPD dari Korea Selatan, kapal canggih sepanjang 125 meter itu dibuat langsung oleh putra-putri Indonesia.
Informasi yang terdapat dalam paragraf di atas adalah...
    1. Kapal landing platform dock dibuat oleh anak bangsa bekerja sama dengan Korea Selatan.
    2. Keberhasilan teknologi kapal perang Indonesia tak lepas dari pengaruh Korea Selatan.
    3. Kapal landing platform dock dibuat berdasarkan alih teknologi dari Kotrea Selatan.
    4. Kapal perang Indonesia dibuat oleh putra-putra terbaik bangsa dengan dukungan tenaga ahli Korea.
    5. Pada umumnya kapal perang Indonesia dibuat oleh tenaga-tenaga ahli Indonesia sendiri.

  1. (1) Dalam operasi penyusupan dan sabotase, satuan Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI-AL kerap dihadapkan pada kondisi sulit. (2) Mereka harus berenang dan menyelam dalam jarak yang cukup jauh. (3) Padahal, operasi itu butuh kecepatan, ketelitian, dan bergerak senyap tanpa suara. (4) Problem itulah yang menggerakkan Letnan Kolonel Laut (E) Muhammad Faisal untuk mendesain sebuah kendaraan tempur bawah air yang disingkat KTBA. (5) Teknologi kapal selam Indonesia begitu pesat.
Kalimat sumbang pada paragraf di atas terdapat pada kalimat ...
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
    5. 5

  1. Sejurus saya tertegun. Saya yakin tadi selesai membaca, lampu kamar saya matikan. Tetapi mengapa kini mendadak benderang? Heran, bilik dalam pun tiba-tiba berubah menjadi seperti ruang pertemuan. Belasan meja berlapis formika putih diatur membentuk huruf U yang kaku. Meja siapakah ini? Siapa pula orang-orang yang ada di sekeliling saya? Andai ini suatu sidang, mengapa semua terdiam? Aneh.
Paragraf di atas mendeskripsikan....
    1. Keheningan dalam sebuah sidang.
    2. Suasana sidang yang kaku mencekam.
    3. Keadaan ruang sidang yang mendadak berubah aneh.
    4. Keanehan dalam sebuah ruang kamar.
    5. Keganjilan ruang sidang berbentuk U.

  1. (1) Gejala dan diagnosisnya dengan mudah bisa diketahui sendiri oleh si penderita.(2) Jika seseorang terserang penyakit hidung itu, bisa dipastikan aktivitasnya bakal terganggu.(3) Flu atau influenza sering dikatakan sebagai penyakit sehari-hari.(4) Meskipun sepele, flu tidak bisa diangap remeh. (5) Walhasil, banyak orang menganggap remeh penyakit ini.
Kalimat-kalimat diatas dapat disusun menjadi paragraf yang baik dengan urutan....
    1. 3 – 4 – 2 – 1 – 5 
    2. 3 – 1 – 5 – 4 – 2
    3. 4 – 1 – 2 – 5 – 3
    4. 1 – 3 – 5 – 2 – 4
    5. 3 – 4 – 5 – 1 – 2

  1. Harga barang kebutuhan pokok daerah Sungai Barito di pedalaman Kalimantan Tengah terus merambat naik seiring  dengan semakin dangkalnya alur sungai tersebut. Surutnya air Sungai Barito mengakibatkan pengangkutan bahan kebutuhan pokok ke wilayah pedalaman terhambat dan biayanya lebih mahal.
Masalah yang disoroti dalam paragraf di atas adalah…
    1. Surutnya air Sungai Barito.
    2. Naiknya harga kebutuhan pokok.
    3. Pengangkutan bahan pokok.
    4. Alur sungai yang makin dangkal.
    5. Hambatan pengangkutan kepedalaman.

25.  Pelayanan angkutan kapal laut semakin buruk menyusul adanya keputusan pemerintah yang membatasi penjualan tiket. Pada kenyataannya, jumlah penumpang jauh lebih tinggi daripada kapasitas kapal. Hal ini menyebabkan penumpang harus membeli tiket kepada calo dengan harga lebih tinggi atau terpaksa nekat menjadi penumpang gelap.
      Permasalahan utama dalam bacaan di atas adalah …
a.       Harga tiket tidak terjangkau karena terlalu tinggi.
b.      Dibatasinya penjualan tiket oleh pemerintah.
c.       Merebaknya calo akibat naiknya harga tiket
d.      Buruknya pelayanan angkutan kapal laut
e.       Jumlah penumpang melebihi kapasitas kapal.

26.  Kalau jumlah rakyat miskin terus membengkak, kita ibarat ayam mati di lumbung padi. Sebab kekayaan alam kita berserakan di dasar laut dan belum termanfaatkan. Data di Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menunjukkannya. Data kekayaan itu diperoleh melalui penginderaan dari satelit.
      Bacaan di atas mengisyaratkan bahwa …
a.       Sampai kapan pun kita benar-benar seperti ayam mati di lumbung padi.
b.      Kekayaan alam kita belum ada yang mau memanfaatkan.
c.       Negara kita tidak mampu memanfaatkan kekayaan alam.
d.      Negara kita sesungguhnya merupakan negara yang kaya.
e.       Kekayaan yang kita miliki berserakan di mana-mana.

  1. (1) Hidayat, begitulah nama tokoh yang berumur empat puluh tahun ini, mengangkat tangannya sebentar, menyalami isterinya, Ikhlasari – biasa dipanggil Ias – mengantarkannya sampai ke tangga. (2) Seorang laki-laki berbadan tegap, mengenakan dasi kecoklat-coklatan, duduk di belakang. (3) Sedan putih meninggalkan halaman rumah di kompleks perumahan Perusahaan Minyak Nusantara (Perminus). (4) Senyum Ias tak pernah habis.
Urutan paragraf narasi yang baik adalah …
    1. 4 – 3 – 2 – 1
    2. 3 – 2 – 1 – 4
    3. 2 – 3 – 1 – 4
    4. 2 – 4 – 1 – 3
    5. 4 – 2 – 3 – 1

  1. Di antara tema berikut ini yang dapat dikembangkan menjadi paragraf narasi adalah....
    1. Awas Merapi  
    2. Luapan lumpur panas
    3. Kiat menghadapi ujian
    4. Senja syahdu di Tanjung Benoa
    5. Demonstrasi mahasiswa

  1. Seseorang yang memiliki ilmu pengetahuan yang luas dan berpendidikan tinggi biasanya akan seperti padi. Setangkai padi yang mulai berisi akan merunduk. Makin bernas bulir padi itu, makin merunduk tangkainya. Begitu pula manusia yang berilmu dan berpendidikan tinggi. Semakin berwawasan luas, ia akan merendahkan diri seperti merunduknya setangkai padi yang bernas itu.
Paragraf eksposisi di atas dikembangkan dikembangkan dengan pola …
a.       silogisme
b.      analogi
c.       perbedaan
d.      generalisasi
e.       sebab akibat

  1. Bacalah teks berikut dengan saksama!
Atu Belah
Dahulu kala di tanah Cayo hiduplah sebuah keluarga yang amat miskin. Mata pencaharian sang ayah adalah berburu ke hutan. Setelah mengerjakan sawahnya ia selalu berburu ke hutan. Samping itu ia juga menangkap belalang-belalang di sawah untuk dijadikan makanan. Belalang-belalang itu dimasukkan ke dalam lubung padi untuk persediaan karena saat itu musim paceklik.
Suatu hari sang ayah pergi berburu ke hutan. Sementara di rumah tinggallah istri dan kedua anaknya. Saat makan siang itulah anaknya yang besar merajuk karena tidak ada ikan sebagai lauk nasinya. Anak itu trus merengek-rengek membuat ibunya sedih. Akhirnya ia memerintahkan, agar anaknya mengambil sendiri belalang di dalam lumbung.
Saat itulah anak membuka lumbung dan membiarkan pintu lumbung tetap terbuka. Belalang-belalang pun keluar semua. Si ibu menjadi terkejut dan sedih melihat kejadian itu.. Karena keteledoran anaknya menyebabkan sesuatu yang tidak diinginkan.
Ketika sang ayah pulang berburu, ia kelihatan amat kecewa dan kekecewaannya berubah menjadi kemarahan ketika istrinya mengatakan bahwa semua belalang yang ada di lumbung lepas semua. Dalam keadaan lupa diri sang ayah memukuli sang istri sampai babak belur, dan menyeretnya ke dalam rumah.
Dalam keputusannya si ibu meninggalkan rumah. Tujuannya ia akan ke Atu Belah yang selalu menelan siapa saja yang ingin ditelannya. Keinginan untuk ditelan Atu Belah dapat terkabulkan jika seseorang itu menjangin, yaitu mengucapkan kata-kata sambil bernyanyi dalam bahasa Gayo.
Perlahan-lahan batu di depan perempuan itu terbuka. Tanpa ragu-ragu lagi ibu yang putus asa itu masuk ke dalam mulut butu yang mengangat lebar. Sedikit demi sedikit tubuh perempuan itu ditelan Atu Belah.
Dengan hati hancur kedua kakak beradik itu hanya dapat melihat rambut ibunya yang tak tertelan oleh Atu Belah.
Pesan yang terkandung dalam cerita di atas adalah ….
    1. Kita harus dapat menahan diri dan waspada karena perbuatan teledor akan merugikan diri sendiri dan orang lain.
    2. Kita harus jujur supaya orang lain selalu dapat menghargai kita.
    3. Jangan mudah menyerah karena hal itu akan membuat keluarga menjadi susah.
    4. Berlakulah adil karena Tuhan juga Maha Adil.
    5. Janganlah saling menyalahkan supaya tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  1.  Nilai didaktis yang dapat diambil dari cerita di atas adalah ….
    1. Perbuatan baik selalu dibalas dengan kebaikan pula.
    2. Keteledoran bisa menimbulkan petaka
    3. Menahan diri adalah sifat yang seharusnya dilakukan seorang ibu
    4. Rajin bekerja untuk bekal di hari tua
    5. Percaya diri adalah modal utama dalam kehidupan

  1. Bacalah cerita berikut dengan saksama!
KANCIL DAN BUAYA
Seekor kancil mandi di pinggir sungai. Tiba – tiba seekor buaya menggigit kakinya. Dengan cepat kancil mengambil sepotong kayu yang ada di dekatnya sambil berkata : “Hai, Buaya, engkau keliru. Bukan kakiku yang kamu gigit. Kakiku ada di sebelahnya”. Buaya melepaskan tangkapannya dan menggigit kayu yang ada di dekat kaki kancil. Kancil segera melompat ke darat seraya mengejek buaya yang telah tertipu.
Tanggapan yang baik terhadap isi cerita di atas adalah ….
    1. Memang kecerdikan kancil selalu menyusahkan pihak lain
    2. Menipu boleh dilakukan asal tidak merugikan orang lain.
    3. Orang yang cerdik biasanya bisa mengantisipasi segala sesuatu sehingga ia tidak akan rugi, seperti halnya si kancil yang bisa menipu buaya agar ia bisa selamat.
    4. Jika kita melakukan hal yang tidak terpuji kita akan dihadapkan pada keadaan yang sulit, misalnya menipu pasti suatu saat kita akan tertipu.
    5. Memang benar, buaya suka menggigit mangsanya

  1. Bacalah puisi berikuit ini!

Teratai

Kepada Ki Hajar Dewantara
Dalam kebun di tanah airku
Tumbuh sekuntum bunga teratai
Tersembunyi kembang indah permai
Tiada terlihat orang yang lalu.
Akarnya tumbuh di hati dunia
Daun berseri, Laksmi mengarang
Biarpun ia diabaikan orang
Seroja kembang gemilang mulia.
Teruslah, o, Teratai bahagia
Berseri di kebun Indonesi
Biar sedikit penjaga taman
Biarpun engkau tidak dilihat,
Biarpun engkau tidak diminati
Engkau pun turut menjaga jaman.
                                                                                                            (Sanusi Pane)
 Tema puisi di atas adalah ….
a.         keindahan                                        d.   kegembiraan
b.        kepahlawanan                                  e.   kekaguman
c..         kesedihan

  1.  Amanat yang ingin disampaikan dalam puisi “Teratai” adalah ….
    1. rela disisihkan dan diabaikan untuk memajukan bangsa
    2. para pahlawan ibarat bunga teratai yang dikagumi orang
    3. hargailah jasa para pahlawan yang telah membela bangsa
    4. bunga teratai dan seroja adalah bunga yang disukai orang
    5. rela berkorban demi bangsa dan negara.

  1.  Baris puisi “Teratai” yang menyatakan bahwa ajaran Ki Hajar Dewantara yang sangat bermanfaat pada setiap orang adalah ….
    1. daun bersemi, Laksmi mengarang
    2. seroja kembang gemilang mulia
    3. tersembunyi kembang indah permai
    4.  akarnya tumbuh di hati dunia
    5. engkau pun turut menjaga zaman

  1. Bacalah puisi berikut ini!
DI AKWARIUM
Kelihatan ikan-ikan berenangan, alangkah nyaman dan tenang hidup tanpa persoalan. Betapa ingin aku menjadi ikan! dari balik kaca, matanya cemburu memandang, barangkali ingin menjadi manusia, menjadi aku yang pergi memancing di hari minggu.
                                                                                                            ( Ular dan kabut )
Dalam puisi di atas, tersimpan nilai-nilai yang berkaitan dengan moral berupa sifat sifat kodrati manusia yaitu ….
    1.  kecemburuan
    2. kemunafikan
    3.  keegoisan
    4. keserakahan
    5. ketidakpuasan




  1. Bacalah puisi berikut ini

Berita Kepada Kawan
(Syair Ebiet G. Ade)

Perjalanan ini terasa sangat menyedihkan
Sayang engkau tak duduk di sampingku kawan
Banyak cerita yang mestinya kau saksikan
Di tanah kering bebatuan
Tubuhku terguncang terhempas batu jalanan
Hati tergetar menampak kering rerumputan
Perjalanan ini pun seperti jadi saksi
Gembala kecil menanggis sedih
Kawan coba dengan apa jawabnya
Ketika kutanya ya mengapa
Bapak ibunya telah lama mati
Ditelan bencana tanah ini

Simbol yang dipakai untuk menggambarkan daerah bekas terjadinya bencana adalah ….
    1. tanah kering
    2. batu jalanan
    3. rerumputan
    4.  tempat gembala menangis
    5. tanah kering bebatuan

  1. Nilai – nilai yang terdapat dalam cuplikan lagu tersebut adalah ….
    1. humanitas
    2. religiositas
    3. spiritualitas
    4. moralitas
    5. kontemplatio

  1.  Syair lagu di atas termasuk jenis puisi …
a.       elegi
b.      balada
c.       ode
d..      hymne
e.       satire







  1. Bacalah puisi berikut ini!

Dengan Puisi, Aku
                        Taufik Ismail

Dengan puisi aku bernyanyi
Sampai senja umurku nanti
Dengan puisi aku bercinta
Berbatas cakrawala
Dengan puisi aku mengenang
Keabadian Yang Akan Datang
Dengan puisi aku menangis
Jarum waktu bila kejam mengiris
Dengan puisi aku mengutuk
Nafas zaman yang busuk
Dengan puisi aku berdoa
Perkenankanlah kiranya

Isi puisi merupakan ungkapan hati yakni.....
a.       Penyair yang menyukai segala jenis puisi.
b.      Penyair yang mencurahkan segala rasanya lewat puisi.
c.       Penyair yang sedang berdoa kepada Tuhan.
d.      Penyair yang mengungkapkan segala peristiwa di lingkungannya.
e.       Penyair yang sedang menceritakan pengalaman hidupnya.

  1. Bacalah kutipan cerita berikut ini!
Kelabu langit pada ujung musim penghujan, terlalu cepat memendekkan bayang-bayang ibu kota senja itu. Semua bergegas. Ingin lekas sampai di rumah masing-masing, terhindar dari basah kuyup yang dicurahkan hujan nanti.
Seorang bocah, kurang lebih 10 tahun, tegak dengan mata natap langit. Hmm bakal hujan lagi! Mau ke mana dia, setelah ia bersama orang tuanya sejak siang tadi diusir petugas-petugas kota praja dari tanggul banjir Kanal itu? Gubug mereka digusur terjang petugas-petugas itu masuk ke banjir Kanal.
Orang tuanya mengangkut buntalan-buntalan ke truk yang membawa ke perkampungan yang baru di tengah-tengah sawah, entah di mana. Orangtuanya yang melihat dia meloncat itu, diam saja. Mereka tak berkata: “Selamat tinggal” atau “Semoga Tuhan bersama kau” padanya. Tuhan toh sudah sejak semula bersama aku. Tetapi nasibku yah … ginian saja! pikir bocah setengah telanjang itu. …………………………………………………………………………………………………
                                                                                                ( Iwan Simatupang )


Unsur intrinsik yang menonjol dalam penggalan cerita di atas ….
    1. plot, latar, dan karakter
    2. plot, latar, dan gaya
    3. plot, titik kisah, dan karakter
    4. karakter, titik kisah, dan gaya
    5.  latar, titik kisah, dan gaya

  1.  Watak tokoh orangtua dalam penggalan cerita di atas ….
a.    perhatian
b.    masa bodoh
c.    baik hati
d.    jahat
e.    pemarah

  1.  Nilai budaya yang bisa diambil dari penggalan cerita di atas adalah ….
    1. anak tidak boleh berbuat seenaknya sendiri
    2.  orangtua harus member pendidikan yang baik
    3. jangan menyalahkan orang lain
    4. pemerintah harus tegas terhadap rakyat
    5. jangan mudah menyerah pada nasib dan harus berjuang mempertahankan

  1.  Berdasarkan cerita kehidupan di atas yang tidak sesuai dengan kondisi pada zaman sekarang di Indonesia adalah ….
    1. orang terlalu menyerah dengan nasib
    2. kemelaratan ( rumah – rumah kumuh ) menghiasi ibu kota
    3. orang kaya selalu peduli terhadap kemiskinan
    4. penggusuran selalu terjadi di kota-kota besar
    5. orang miskin selalu tersisihkan

  1. Bacalah kutipan novel berikut ini!
Leher Ketua Karmun seperti kejang membaca surat yang bernada putus asa itu.  Sungguh sebuah surat yang dramatis ungkapan jiwa Tancap nan terdalam..  Situasi ini amat dilematis bagi Ketua Karmun.Terpaksa ia sendiri yang menjemput Tancap untuk mengantarkannya pada tabib yang paling ia percaya, A Put.  Ia memboncengkan Tancap dengan sepeda reotnya, berhujan – hujan di malam halilintar ini. Sepanjang jalan ia menggerutu karena malu pada masyarakat, terutama pada Dokter Diaz. Ia menumpah – nyumpahi Tancap yang meringis memegangi pipinya di sadel belakang sekaligus sayang pada rakyat jelatanya itu.

                                                                               (Maryamah Karpov, Andrea Hirata)



Watak Ketua Karmun pada penggalan di atas digambarkan melalui….
    1. Dialog antartokoh
    2. Monolog
    3. tanggapan tokoh lain
    4. penggambaran langsung
    5. pemaparan cerita

  1.  Bacalah kutipan novel berikut ini!
Central Park, 28 Mei 1996

            Di taman ini saya adalah seekor burung. Terbang beribu – ribu mil dari sebuah negeri yang tak mengenal musim, bermigrasi mencari semi, tempat harum rumput bias tercium, juga pohon – pohon,yang tak pernah kita tahu namanya atau umurnya. Aroma kayu, dingin batu, bau perdu dan jamur – jamur----- adakah mereka bernama, atau berumur ? Manusia menamai mereka, seperti orang tua memanggil anak – anaknya, meski pun tetumbuhan itu lebih  tua.  Rafflesia Arnoldi memang tidak tumbuh di Central Park, melainkan di hutan tropis dataran tinggi Malaya, tetapi kita tahu kemudian laki – laki Inggris menjadi ayah bunga itu.  Orang – orang berbincang tentang segala yang tumbuh, yang ditanam maupun liar, seolah mengenal mereka lebih daripada pokok –pokok itu sendiri mengenal dingin dan matahari, ataupun hangat bumi.  Namun binatang tidak menghafal pohon – pohon karena namanya, seperti seekor induk atau sepasang tidak memanggil tetasannya atau  susuannya dengan nama. Mereka mengenal tanpa bahasa.
Pukul sepuluh pagi.
Meski hari masih muda, bayang – bayang telah menjadi lisut, sebab setiap tahun di akkhir semi siang sudah semakin lama. Burung berkicau. Unggas – unggas kecil mencari matahari dari celah – celah dedaunan,…
                                                                        (SAMAN, Ayu Utami)


Perhatikan citraan – citraan di bawah ini !
            1. 
penglihatan
            2. 
peraba
            3. 
pendengaran
            4. 
perasa
            5. 
penciuman
Citraan yang tampak dari penggalan novel di atas adalah…
    1. 1, 2, dan 3
    2. 1, 3, dan 4
    3. 1, 4, dan 2
    4. 1, 3, dan 5
    5. 2, 3, dan 5

  1.  Bacalah kutipan cerita berikut ini!
Erika melirik lelaki yang berjalan di sampingnya. Rambut lelaki itu melambai – lambai. Tubuhnya yang jangkung berjalan gontai seperti tak acuh. Jalan Jendral Sudirman melintang di hadapan mereka.
“ Kami ke Selatan, “ kata Retno.
“ Berani berdua?” Anton mencoba melihat wajah gadis berbaju merah. Tapi gadis itu sejak tadi  menunduk.
“ Apa yang ditakutkan? baru jam tujuh ,” kata Retno.
“ Soalnya, gelap dan terang, lain akibatnya bagi gadis – gadis.”
“ Begitu?” kata Retno.
“ Ya.”
“ Sudah pengalamann rupanya, “ Retno tersenyum.
………………………………………                            
                                                                                ( Cintaku di Kampus Biru )
Latar  tempat dan waktu pada penggalan cerita di atas adalah….
    1. di kampus, siang hari
b.      di bawah pohon, pagi hari
c.       di rumah Erika, sore hari
d.      di jalan raya, malam hari
e.       di toko buku, malam hari

  1.  Bacalah kutipan cerita berikut ini!

”Apa kerja Kakek sebenarnya?”
Kakek berhenti. Mengawasi aku, katanya:
”Sekarang menyiram bunga, Cucu”
”Ya. Tetapi apa sebenarnya kerja Kakek?”
”Pekerjaanku, Cucu”, ia berhenti. ”O, ya.
Mencari hidup sempurna”.
”Di mana dicari, Kek?”
”Dalam ketenangan jiwa”
”Ya, di mana?
”Di sini. Dalam bunga-bunga”.
Aku teringat, harus ke sekolah. Cepat minta diri.                                                                                                 (Robohnya Surau Kami)
Nilai kehidupan yang terdapat dalam cuplikan cerpen di atas adalah ....
a.       moral
b.      religi
c.       sosial
d.      budaya
e.       politik

  1.  Bacalah pantun berikut ini!
Pisau seraut dua tiga
Letak di peti dalam perahu
Dalam laut boleh diduga
Dalam hati siapa tahu
Jenis tema pantun di atas adalah …
a.       tema cinta
b.      tema kritik sosial
c.       tema religius
d.      tema jenaka
e.       tema kesedihan
  1. Yang termasuk pantun nasihat adalah …
    1. Pohon terung dilibat akar
Batang kapas sangkutan sarung
Ibarat burung di dalam sangkar
Mata lepas badan terkurung

    1. Rama – rama terbang melayang
Hinggaplah dia di ranting batang
Adik sepantun buah kepayang’
Dimakan mabuk dibuang sayang

    1. Pulau Pandan jauh di tengah 
Di balik pulau Angsa Dua
Hancur badan di kandung tanah
Budi baik terkenang jua

    1. Gendang gendut
Tali kecapi
Kenyang perut
Senanglah hati


    1. Berbuah pisang di tepi dapur
Dapurnya luas tempat bertanak
Bertuahlah orang berhati jujur
Jujur dan ikhlas tanda berakhlak


II. Jawablah soal-soal berikut ini dengan benar!

  1. Kembangkanlah kalimat utama berikut ini dengan empat kalimat penjelas!
      Pemerintah berjanji untuk menumpas praktik korupsi hingga tuntas.      

  1. Tulislah paragraf deskripsi tentang sebuah tempat (wisata) yang pernah kamu kunjungi! Berikan judul yang tepat untuk deskripsimu!

  1. Urutkan kalimat-kalimat berikut ini agar menjadi paragraf eksposisi yang padu dan logis!

(1 ) Brasil memilih tebu sebagai bahan dasar membuat etanol.
(2) Kini Brasil dikenal sebagai negara dengan tingkat penggunaan bahan bakar alternatif terbesar di dunia.
(3) Salah satu contohnya adalah Brasil.
(4) Negara Samba ini menggunakan gasohol secara massal sejak tahun 1975.
(5) Banyak negara yang sudah memopulerkan penggunaan ”minyak hijau” ini sebagai energi alternatif.

  1. Bacalah puisi berikut ini dengan saksama! Kemudian jelaskan isi puisi tersebut dengan kata-kata sendiri dalam beberapa kalimat!


TANAH AIR MATA

Tanah airmata, tanah tumpah dukaku
Mata air, airmata kami
Airmata, tanah air kami
Di sinilah kami berdiri
Menyanyikan airmata kami
Di balik gembur subur tanahmu
Kami simpan perih kami
Di balik etalase megah gedung-gedungmu
Kami coba sembunyikan derita kami
Kami coba simpan nestapa
Kami coba kuburkan dukalara
Tapi perih tak bisa sembunyi
Ia merebak ke mana-mana
Bumi memang tak sebatas pandang
Dan udara luas menunggu
Namun kalian takkan bisa menyingkir
Ke mana pun melangkah
Kalian pijak airmata kami
Ke manapun terbang
Kalian kan hinggap di airmata kami
Ke mana pun berlayar
Kalian arungi airmata kami
Kalian sudah terkepung
Takkan bisa mengelak
Takkan bisa ke mana pergi
Menyerahlah pada kedalaman airmata kami
                                                            (Soetardji Calzoum Bachri)


  1. Buatlah sebuah pantun nasihat!